Berita terkini Jokowi di kumparan.com
Berita terkini Jokowi di kumparan.com

Berita terkini terkait mati listrik massal yang sempat terjadi pada Minggu (4/8). Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak kurang puas dengan penjelasan Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani.

Dalam berita terkini, Jokowi meminta penjelasan terkait insiden yang terjadi kemarin.

“Penjelasannya panjang sekali. Pertanyaan saya bapak ibu semuanya, ini kan orang pinter-pinter, apalagi urusan listrik dan sudah bertahun-tahun,” kata Jokowi di Kantor Pusat PT PLN, Jakarta, Senin (5/8).

Presiden terpilih itu mempertanyakan jajaran PLN yang tak menghitung kalau terjadi kejadian gangguan listrik sehingga berdampak pada pemadaman di sejumlah wilayah. Menurutnya, listrik mati tiba-tiba itu berarti tak ada antisipasi dari PLN.

“Kok tahu-tahu drop [listrik] itu? Artinya pekerjaan yang ada tidak dihitung, tidak dikalkulasi. Dan itu betul-betul merugikan kita semuanya,” ujarnya.

Menanggapi pertanyaan Jokowi, Sripeni menyatakan bahwa dirinya menjelaskan dengan rumus kalkulasi pasokan listrik. Sripeni menyebut sistem kelistrikan di Jawa-Bali terdapat dua sistem, yaitu sistem utara dan selatan, dengan total empat sirkuit.

“Sistem yang memasok yaitu utara dan selatan, itu ada dua sirkuit di utara dan dua sirkuit di selatan,” ujarnya.

Dari total empat sirkuit itu, dua hilang secara tiba-tiba. Sementara di sistem selatan sedang dilakukan pemeliharaan rutin.

Sripeni mengakui PLN tak mengantisipasi kerusakan sistem lain saat melakukan pemeliharaan di salah satu sistem.

“Ini yang tidak kami antisipasi adalah terjadinya gangguan dua sirkuit sekaligus. Memang ini secara teknologi akan kami investigasi lebih lanjut bapak, berkaitan dengan gangguan di satu tempat tertesebut mudah-mudahan dari sisi keteknisan,” tuturnya.

Selepas Sripeni berbicara, Jokowi lantas meminta perusahaan plat merah yang mengurusi masalah listrik itu untuk melakukan perbaikan secepatnya. Ia mengatakan PLN harus melakukan segara cara agar listrik yang belum menyala di sejumlah wilayah hidup kembali.

“Yang paling penting saya minta perbaiki secepat-cepatnya. Yang memang dari beberapa wilayah yang belum hidup segera dikejar dengan cara apapun agar segera bisa hidup kembali,” tutur Jokowi.

Berita terkini mengenai mati listrik massal bisa dilihat dalam link berikut: https://kumparan.com/promote/mati-listrik-massal.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko WidodoMa’ruf AminKPKAgus Harimurti YudhoyonoSusilo Bambang YudhoyonoSBYMegawati SoekarnoputriRidwan KamilAnies BaswedanSusi PudjiastutiGanjar PranowoGibran RakabumingIriana JokowiWirantoPolriLowongan KerjaHarga EmasTimnas IndonesiaHabib RizieqMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungPersija Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here