SBMPTN (kumparan.com)

Peraih nilai tinggi dalam SBMPTN 2019 ternyata banyak yang ingin jadi dokter. Mereka mengincar Fakultas Kedokteran di universitas terkenal di Indonesia.

Rata-rata nilai tes SBMPTN yang diterima berkisar antara 700-750. Hal ini sebagaimana disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Arry Bainus.

Ia mengatakan bahwa Fakultas Kedokteran meraih posisi tertinggi nilai peminatnya di Unpad. Nilai rata-rata peminat Fakultas Kedokteran Unpad sebesar 717,94.

Adapun passing grade di sana 694,17. Jumlah peminat masuk Fakultas Kedokteran Unpad dari jalur SBMPTN berjumlah 1.402 orang. Sementara daya tampungnya 125 kursi.

“Namun secara nasional, Unpad berada di posisi ketiga,” ujar Arry.

Pada kelompok peserta Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berada di posisi puncak. Nilai rata-rata tes SBMPTN 2019 peminatnya 747,93.

Peringkat kedua Pendidikan Dokter Universitas Airlangga dengan nilai rata-rata 726,94. Incaran lain ke Kedokteran Universitas Gadjah Mada

“Jadi yang top-top (nilainya) banyak pilih kedokteran,” lanjutnya.

Sementara pada kelompok Sosial Humaniora dengan kategori serupa, peringkat pertama adalah Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia.

Kedua Hubungan Internasional di Universitas Indonesia, ketiga yaitu Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada. Disusul Akuntansi Universitas Indonesia, Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung.

SBMPTN sendiri merupakan sebuah uji tertulis yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang tidak dapat mendaftar SNMPTN.  Tahun ini dilakukan juga dengan seleksi menggunakan hasil dari UTBK yang dilakukan sebelumnya.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap SBMPTNSBMPTN 2019Pengumuman SBMPTN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here