Anies Baswedan di kumparan.com
Anies Baswedan di kumparan.com

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir bicara soal kebijakan baru yang mengatur penghasilan tambahan CPNS hingga Gubernur DKI Anies Baswedan. Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 879 Tahun 2019.

Meski begitu, dia membantah aturan baru semata-mata mengatur penghasilan tambahan Anies Baswedan. Menurut Chaidir, kepgub mengatur pendapatan rutin pegawai Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI ketika mencapai target kerja. “Jadi sebagai jasa atas prestasinya. Kebetulan kemarin berbarengan dengan tunjangan Hari Raya Idul Fitri,” katanya, Selasa malam, 18 Juni 2019.

Chaidir menuturkan, aturan penghasilan tambahan bagi pegawai BPRD DKI ketika mencapai target kerja sudah lama ada dan terus diperbaiki tiap tahun oleh gubernur-gubernur sebelum Anies Baswedan. Aturan serupa sebelumnya antara lain Kepgub Nomor 57 Tahun 2017 yang diteken Gubenur Djarot Saiful Hidayat dan Kepgub Nomor 60 Tahun 2018 oleh Anies Baswedan.

Pergub DKI Nomor 879 Tahun 2019 yang berlaku sejak 24 Mei 2019 tersebut berisi Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Tambahan Penghasilan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Pajak dan Retribusi Daerah Tahun Anggaran 2019.

Chaidir memaparkan, gubernur memang bisa memperoleh penghasilan lain bila mencapai atau melampaui target pajak yang diatur dalam peraturan pemerintah. Gubernur juga memiliki hak prerogatif ketika mencapai target penerimaan daerah. “Dia memang dapat haknya dia sebagai pejabat negara,” ucapnya.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko WidodoMa’ruf AminKPKAgus Harimurti YudhoyonoSusilo Bambang YudhoyonoSBYMegawati SoekarnoputriRidwan KamilAnies BaswedanSusi PudjiastutiGanjar PranowoGibran RakabumingIriana JokowiWirantoPolriLowongan KerjaHarga EmasTimnas IndonesiaHabib RizieqMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungPersija Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here