jadwal imsak
jadwal imsak terlengkap di kumparan.com

Jadwal imsak terkini. Niat merupakan amalan kunci dari ibadah puasa. Tidak ada puasa fardlu tanpa niat sebelumnya. Biasanya niat diucapkan saat datang waktu imsak atau setelah selesai sholat sunah Tarawih.

Tidak ada satupun ulama yang berbeda pendapat mengenai niat. Artinya, niat harus ada sebelum pelaksanaan puasa agar tidak batal.

Namun demikian, terdapat beberapa hal yang patut diperhatikan seputar niat. Hal-hal ini dapat berpengaruh pada amalan niat, yang nantinya juga bisa memberi dampak pada puasa.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tabyit niat. Tabyit niat yaitu pelaksanaan niat harus dilakukan pada malam hari sebelum puasa di keesokan harinya.

Hal kedua, niat puasa dilakukan setiap hari. Tetapi, untuk mencegah diri dari lupa, dianjurkan berniat puasa sebulan penuh di malam awal Ramadan.

Sedangkan hal ketiga yaitu niat puasa diterangkan secara jelas. Maksudnya puasa itu harus disebutkan secara rinci mulai dari jenis puasa apakah fardlu, qadha, atau lainnya, serta kapan waktunya.

Para ulama memberikan patokan apa saja yang harus disebutkan dalam niat puasa.

” Tatacara niat yang sempurna, yang sah menurut para ulama tanpa adanya khilaf adalah, seseorang berniat dalam hatinya akan berpuasa esok hari, yaitu puasa fardhu Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Berikut jadwal Imsak 11 Ramadan 1440 H atau 16 Mei 2019.

Jakarta

 Jadwal Imsak 11 Ramadan 1440 H Jakarta

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Surakarta

 Jadwal Imsak 11 Ramadan 1440 H Surakarta

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Palembang

 Jadwal imsak 11 Ramadan 1440 Palembang

Download aplikasi kumparan di App Store atau Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap jadwal imsak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here