doa puasa
doa puasa terlengkap di kumparan.com
Doa Puasa – Menjalankan puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi kita selaku umat islam yang berakal lagi baligh, sehat dan menetap (bukan musafir) serta wanita yang suci dari haid dan nifas, pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh untuk melaksanakan rukun iman yang keempat yang telah diperintahkan oleh Allah Swt. Yang berarti kita harus menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya seperti halnya menahan lapar, haus, hawa nafsu maupun pembatal lainnya dan disertai dengan adanya niat yang dilakukan dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Sebelum menjalankan ibadah puasa yang harus kita lakukan adalah membaca niat puasa Ramadhan terlebih dahulu dan disertai niat dalam hati untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan kesungguhan hati karena Allah Ta’ala. Untuk waktu membaca niat puasa ramadhan adalah pada waktu malam hari setelah menunaikan Sholat Isya sampai sebelum terbitnya fajar atau sebelum masuk waktu Imsak.

Untuk bacaan niat puasa Ramadhan beserta latin dan terjemahnya adalah sebagi berikut.

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis-sanati lillahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ  ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kullihi lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Setelah menjalankan ibadah puasa tentu saja yang ditunggu-tunggu adalah waktu berbuka. untuk berbuka puasa Ramadhan yaitu ketika siang telah berlalu dan matahari telah terbenam dan malam mulai datang. hal ini berdasarkan firman Allah Swt dalam surat Al-Baqarah Ayat 187 yang artinya: “Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam”. Dan juga di jelaskan dalam hadist: Dari Umar bin Khathab ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Apabila malam telah datang dan siang beranjak pergi serta matahari telah terbenam maka orang yang berpuasa telah waktunya berbuka.” (H.R Bukhari dan Muslim).

Berikut adalah bacaan doa puasa Ramadhan berserta terjemahnya.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.”

Demikianlah mengenai bacaan niat dan doa berbuka puasa ramadhan. dalam berpuasa ada beberapa hal yang tidak diwajibkannya seseorang untuk berpuasa diantaranya orang gila, anak-anak, musafir, wanita yang sedang haid dan nifas, orang tua yang renta dan tidak mampu untuk berpuasa, orang sakit parah yang apabila berpuasa dapat memperburuk keadaannya. mereka itulah yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa.

Download aplikasi kumparan di App Store atau Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap doa puasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here