Joko Widodo
Joko Widodo terlengkap di kumparan.com

Presiden Joko Widodo mengaku siap mempercepat penyelesaian infrastruktur pendukung dalam rangka pembanguman sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Komitmen Joko Widodo disampaikan langsung saat bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan, Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP di Mandalika pada 2021.

“Tadi hanya Carmelo ingin mendapatkan keyakinan kita siap baik organisasi, dalam infrastruktur, kita siap,” kata Jokowi, Senin (11/3/2019).
Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa kebutuhan yang perlu didorong oleh pemerintah pusat sebagai syarat dasar penyelenggaraan MotoGP.

Menurut Joko Widodo, nantinya Mandalika akan memberikan keuntungan bagi perekonomian NTB. Pasalnya, ada sektor pariwisata yang bisa digenjot.

“Kita akan mendapatkan dua kemanfaatan, selain olah raga, pariwisata kita juga akan terangkat, bagi Mandalika juga akan terangkat karena ada ini.,” Ujar dia.

Sementara itu, Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer mengatakan bahwa beberapa infrastruktur yang akan dibantu percepatan penyelesaiannya oleh Presiden Jokowi adalah pembangunan akses jalan dari Bandara Lombok sepanjang 17 kilometer (km), pelabuhan penumpang, hingga percepatan pembebasan lahan.

“Perpanjangan runway juga, untuk menampung tambahan penerbangan triple body yang besar,” kata Mansoer.

Percepatan pembangunan infrastruktur dasar ini juga menjadi salah satu syarat agar Indonesia mendapatkan tanggal dimulainya MotoGP dari Dorna Sport SL selaku promotor MotoGP.

“2021 kita akan dapat game, nanti September dia akan datang lagi untuk memberikan tanggal,” ujar Mansoer.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko Widodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here