Joko Widodo
Joko Widodo terlengkap di kumparan.com

Janji 3 kartu anyar yang dilontarkan capres petahana Joko Widodo (Jokowi) langsung mendapat serentetan serangan dari kubu lawan. Bahkan, kartu-kartu itu disamakan dengan obat nyeri.

Tiga kartu yang dijanjikan oleh Joko Widodo adalah KIP Kuliah, Kartu Sembako Murah dan Kartu Pra-kerja. Ketiganya diperkenalkan capres nomor urut 01 ini saat Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju.

Kubu Prabowo langsung menghujani program itu dengan kritik. Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera, menyebut program itu adalah bentuk kepanikan Jokowi karena target pertumbuhan ekonomi tidak sesuai dengan target 7 persen. Dia lalu menyoroti akses lapangan pekerjaan yang menurutnya tidak tersedia. Karena itu, Mardani memandang program Kartu Pra-kerja hanya seperti obat pereda nyeri.

“Makanya, program darurat yang seperti panadol cuma menghilangkan rasa nyerinya dikasih Prakerja, Kartu Prakerja. Yang diperlukan bukan Kartu Prakerja, yang dibutuhkan pekerjaan yang itu gagal untuk disediakan,” sebut Mardani, Senin (25/2/2019).

Mardani juga mengkritik program KIP Kuliah. Menurutnya, pemerintah pusat ketinggalan dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Kartu kuliah, di DKI lebih advance bahkan, sudah ada duluan, Kartu Jakarta Kuliah. Masa pemerintah kalah dengan DKI Jakarta, baru sekarang,” ucapnya.
Serangan juga datang dari Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman. Dia memandang rakyat sudah cerdas dan tak akan mempan dengan janji-janji.

“Rakyat saat ini sudah cerdas, mereka nggak akan mudah lagi percaya sama janji-janji,” kata Habiburokhman.

“Semoga saja program tersebut bukan pepesan kosong. Saya nggak tahu detailing-nya tetapi mereka harus jamin agar tidak sekadar umbar janji,” sambungnya.
Timses Jokowi sendiri sudah menjelaskan peruntukkan kartu-kartu ini. Penjelasan itu dipaparkan oleh Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily.

Ace mengatakan kartu sembako merupakan program yang diperuntukkan bagi rakyat berpenghasilan rendah agar mereka memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako dengan murah. Kemudian KIP Kuliah merupakan program kelanjutan KIP yang menjadi andalan Jokowi. KIP merupakan program pelajar dengan wajib belajar 9 tahun. Di periode kedua nanti, pemerintah Jokowi disebut Ace akan menambahkan dengan pemberian bantuan pembiayaan bagi mereka yang hendak melanjutkan

Sementara itu Kartu Pra-Kerja merupakan program pelatihan bagi masyarakat yang belum memiliki skill dan keterampilan di dunia kerja. Nantinya mereka akan dilatih dan dibina agar lebih mumpuni.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko Widodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here