Berita terkini terkait Jokowi. Teka teki siapa yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) terjawab sudah. Presiden Jokowi resmi menunjuk Letnan Jenderal (Letjen) TNI Andika Perkasa sebagai KSAD yang baru menggantikan Jenderal Mulyono yang akan memasuki masa pensiun pada Januari 2019. Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin.
Andika Perkasa dilantik sebagai KSAD pada tanggal 22 November 201. Pelantikan digelar di Istana Negara dan diamini Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha.
Sebelum dilantik oleh Jokowi menjadi KSAD, jabatan Andika ialah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Andika yang diangkat menjadi Pangkostrad pada Juli 2018 saat itu menggantikan Letjen Agus Kriswanto yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.
Lepas sambut letjen Andika PerkasaLetjen Andi Perkasa (tengah) dalam lepas sambut Pangkostrad di Makostrad, Jakarta, Selasa (24/7/2018). (Foto:Instagram/@Penkostrad)
Andika merupakan lulusan Akademi Militer 1987. Ia mengawali karier sebagai Komandan Peleton Grup 2/Para Komando, Kopassus. Delapan tahun kemudian, ia diangkat menjadi Komandan Tim 3, Sat Gultor 81, Kopassus.
Andika yang mayoritas karirnya dihabiskan di Kopassus itu pada 8 November 2013 diangkat menjadi Kepala Dinas penerangan Angkatan Darat. Tak lama kemudian pangkat Andika dinaikkan menjadi Brigadir Jenderal.
Baru 11 bulan menjabat, menantu eks Kepala BIN Hendropriyono ini dipromosikan menjadi Komandan Paspampres pada 2014. Dengan jabatan baru ini, ia juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Mayor Jenderal.
Tak sampai di situ, Andika kemudian diangkat menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD pada 15 Januari 2018. Pada jabatan tersebut pangkatnya sekaligus naik menjadi Letnan Jenderal. Dengan pelantikan sebagai KSAD, Andika akan menyandang pangkat Jenderal TNI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here