MPASI
MPASI terlengkap di kumparan.com

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) pada anak bisa jadi tantangan bagi beberapa ibu. Enggak jarang, anak menolak makanan yang diberikan dengan mengeluarkan lagi dari mulut atau melepeh.

Sebenarnya ini wajar kok, Bun. Anak melepeh makanan artinya sedang merespons dan belajar. Demikian disampaikan dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi, dr.Frieda Handayani, SpA(K).

Kata Frieda, anak melepeh makanan artinya mereka sedang dalam tahap belajar mengenal rasa dan tekstur makanan. Pertama mencoba MPASI, beberapa anak ada yang memang enggak langsung menyukainya.

Pada penelitian, anak-anak bisa 10 sampai 15 kali makan makanan yang sama sebelum menyukai makanan tersebut. Responsnya dengan makan dan lepeh.

Saat anak melepeh makanannya, ibu tidak usah khawatir dan langsung menyerah ya. Saat itu, anak sedang belajar mengenal rasa dan tekstur makanan yang dimakannya.

Saat anak lepeh makanannya, coba terus. Biasanya 10 sampai 15 kali mencoba makanan yang sama, dalam waktu 2 minggu bisa jadi anak menyukainya

Untuk pemberian MPASI pertama, Frieda menganjurkan anak diberi ASI lebih dulu sampai anak suka dengan menu MPASI-nya.

Bila anak tidak mau makan MPASI-nya, coba berikan ASI lagi. Nah, siang hari atau di waktu lainnya di hari yang sama, Bunda bisa coba lagi, sampai si kecil suka.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here