bayi
bayi terlengkap di kumparan.com

Setiap orangtua tentunya selalu penasaran dengan buah hatinya. Berbagai pertanyaan muncul di benak kita, misalnya, akan mirip siapakah bayi ini? Sifatnya akan mirip sifat ayah, ibu, atau bahkan kakek neneknya? Ya, si buah hati memang memiliki karakter atau tipe kepribadian, yang berpengaruh pada cara ia mempersepsikan dunia di sekitarnya.

Setiap bayi memiliki karakter bawaan sejak lahir, tetapi yang paling membentuk tipe kepribadian mereka adalah bagaimana cara Anda meresponnya. Ketika si anak menginjak usia 3-4 bulan, tipe kepribadiannya tersebut sudah mulai terlihat.

Berbagai tipe kepribadian manusia

Para ahli percaya bahwa setiap bayi dilahirkan dengan kombinasi 9 sifat turunan yang diwarisi kedua orangtuanya, namun pada dasarnya karakteristik manusia dapat dikategorikan menjadi 4 kelompok besar :

1. Sanguin

Bayi tipe ini periang, senang bermain, sering mengaduk sana sini, dan senang bersosialisasi.

2. Koleris

Bayi ini bersifat petualang dan punya keinginan yang kuat. Ia suka tantangan, berani, dan senang berkompetisi.

3. Melankolis

Bayi dengan tipe kepribadian ini adalah tipe pemikir, tenang atau pendiam, dan ‘penuh sopan santun’.

4. Plegmatis

Bayi dengan tipe kepribadian ini tenang, sehingga mirip dengan tipe melankolis. Ia berpikir dalam-dalam, lebih terkontrol, dan penuh perhatian.

Apakah tipe kepribadian bayi Anda?

Pada usia yang masih terlalu muda, sulit untuk menentukan tipe kepribadian si kecil berdasarkan 4 kelompok yang telah disebutkan tersebut. Untuk itu, pembagian kelompok tipe kepribadian bayi dibuat lebih simpel dan mudah, yaitu :

1. Sunshine baby

Si buah hati ini periang, senang bermain, dan penuh tawa. Ia juga mudah makan dan tidur. Selain itu, ia sensitif dan menuntut perhatian dari orang sekitarnya, lebih dibandingkan tipe bayi lainnya.

2. Energik

Bayi ini tidak bisa duduk diam. Ia senang mengeksplorasi setiap sudut ruangan. Bahkan sejak di dalam rahim ia aktif sekali bergerak. Mungkin perkembangan motoriknya lebih cepat dibandingkan anak lain.

3. Moody baby

Bayi tipe ini tidak mudah bereaksi dengan kejutan ataupun hal di luar rutinitas. Ia cepat marah dan tidak ragu menunjukkan ketidaksenangannya. Sebagian anak tipe ini tidak mudah dibujuk bila sedang ngambek, karena membutuhkan kesabaran dalam menghiburnya.

4. Pemalu

Tipe bayi ini cemas dan agak menarik diri bila berada pada lingkungan yang belum ia kenal. Mereka pada umumnya tipe pemikir dan senang melakukan observasi. Berikan waktu agar ia dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jangan dipaksa, biarkan mereka melakukannya secara alami.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here