tiket pesawat
tiket pesawat terlengkap di kumparan.com

Harga tiket pesawat akan segera turun menyusul insentif yang diberikan pemerintah pada maskapai penerbangan. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, harga tiket pesawat di RI masuk 6 besar termurah.

Luhut mengatakan, tiket pesawat telah menjadi masalah yang tidak terselesaikan sejak lama. Salah satu faktor utamanya adalah inefisiensi biaya industri penerbangan.

“Ya bagus lah, memang ini kan masalah yang lalu. Inefisiensi kita kan super tinggi, kalau efisiensi itu dilakukan bisa kita turunkan harga tiket, ” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Luhut mencontohkan misalnya harga pembelian pesawat yang harusnya bisa murah malah tetap mahal. Selain itu ada juga harga avtur yang menurutnya mahal karena hanya ada satu penyedia, dia menegaskan bahwa pasar avtur harus ditambah pemainnya.

“Misal pembelian pesawat harga misal 10 rupiah harusnya bisa diskon jadi 8 rupiah ini malah tidak. Lalu harga avtur, itu juga cuma tunggal aja Pertamina, pak presiden sudah bilang jangan satu aja kasih dua atau tiga,” kata Luhut.

Luhut juga mengatakan bahwa pajak-pajak yang tidak perlu dalam industri penerbangan akan dihapuskan. Hal tersebut menurutnya bagus demi kelangsungan maskapai.

“Lalu mengenai pajak-pajak yang tidak perlu, Kemenkeu sudah setuju tinggalkan dan seterusnya dan seterusnya. Jadi maskapai kita pelihara supaya tidak bangkrut,” kata Luhut.

Luhut juga mengatakan sebetulnya, harga tiket di Indonesia masuk ke dalam 6 besar tiket paling murah. Hanya saja menurutnya, harga naik terlalu cepat.

“Tapi ingat secara global harga tiket kita 6 besar paling bawah, harganya paling murah. Hanya saja kita naikkan tiket terlalu cepat,” kata Luhut.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Luna Maya, Syahrini, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASTiket PesawatOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here