Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan kembali menyapa masyarakat Indonesia. Pesta belanja yang digelar setiap tanggal 12 Desember ini memang selalu dinantikan oleh para penggila belanja.

Beragam produk ditawarkan dengan potongan harga yang menggiurkan oleh berbagai e-commerce dan toko lain yang berpartisipasi. Banyaknya peminat membuat berbelanja di gelaran Harbolnas tidak semudah yang dikira.

Membeli sebuah produk dengan potongan harga yang besar saat Harbolnas, sama saja seperti mengikuti metode flash sale yang marak diselenggarakan oleh banyak situs e-commerce.

com-Ilustrasi Belanja Online (Foto: Shutterstock)

Butuh strategi khusus agar kamu bisa mendapatkan barang impian dengan harga diskon. Jika kamu masih bingung, berikut tips yang mungkin bisa kamu aplikasikan saat mengikuti Harbolnas. Berikut tipsnya:

1. Buat daftar barang yang diinginkan

Pertama, buatlah daftar barang yang diinginkan. Pastikan barang-barang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan memang sangat diperlukan.

Sebelum berbelanja di Harbolnas yang jatuh pada tanggal 12 Desember, kamu bisa mencari mana saja e-commerce yang menjual barang incaran kamu. Setelah dapat, bisa kamu masukan ke wishlist atau keranjang.

2. Cek harga pasaran barang incaran

Agar tidak tertipu dengan iming-iming diskon Harbolnas, kamu wajib melakukan pengecekan harga pasar. Hal ini juga akan membuat kamu lebih cermat memilih produk yang ingin dibeli

Membandingkan harga produk incaran di setiap e-commerce juga akan sangat menguntungkan. Kamu bisa saja menemukan harga terbaik setelah membandingkan satu situs e-commerce dengan yang lainnya.

Hari Belanja Online Nasional. (Foto: harbolnas.com)


3. Lihat kredibilitas penjual

Momen Harbolnas juga tak jarang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan. Untuk menghindari hal ini, kamu sebaiknya memeriksa review penjual.

Kamu dapat melihat rating yang biasa ditampilkan di akun profil penjual. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat komentar dan respons pembeli yang sudah bertransaksi dengan sang penjual. Yakinlah kamu membeli di penjual yang kredibel.

4. Catat jadwal flash sale

Jika ingin membeli barang tertentu kamu harus tahu kapan penjualan dengan harga diskon dimulai. Biasanya situs-situs e-commerce sudah memberikan detail lengkap tentang jadwal flash sale atau barang-barang diskon dijual saat Harbolnas.

Kamu bisa mencatat jadwal tersebut atau mengaktifkan notifikasi yang disediakan oleh platform e-commerce. Jika waktu flash sale dimulai kamu akan mendapatkan notifikasi.

5. Ikut promo yang digelar

Mau dapat diskon yang lebih besar? Kamu bisa memanfaatkan promo-promo menarik dari platfom e-commerce. Banyak e-commerce yang mengaplikasikan layanan tertentu seperti kuis atau gimmick mengoyangkan smartphone untuk mendapatkan koin yang dapat ditukar dengan voucher diskon atau promo lainnya.

com-Beli Gadget di Harbolnas (Foto: Thinkstock)


6. Pilih metode pembayaran tercepat

Pada saat flash sale Harbolnas dimulai, pembeli akan beradu cepat dengan pembeli lainnya, maka setelah memilih barang sebisa mungkin kamu menggunakan metode pembayaran yang tercepat.

Saran kami, kamu bisa mencoba metode Cash On Delivery (COD) atau dengan kartu kredit. Untuk pilihan COD jauh lebih cepat dibandingkan dengan metode lain seperti, transfer ATM. Kemudian ada opsi kartu kredit, sebaiknya kamu harus masukkan dulu data kartu kredit di profil akun itu akan memangkas waktu.

7. Pastikan koneksi internet yang stabil

Dari semua tips yang sudah dibahas. Hal inilah yang paling utama. Pastikan koneksi internet kamu stabil sehingga semua proses akam berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Selain meyakinkan koneksi stabil, periksa juga kuota data internet, jika kamu menggunakan perangkat mobile atau modem. Jangan sampai sudah di tahap akhir pemesanan, kuota habis sehingga barang impian melayang.

Baiklah itu dia tips belanja cerdas dari kumparan. Semoga kamu bisa mendapatkan barang impian di Harbolnas ini. Selamat berbelanja!

Download dan install aplikasi kumparan dan dapatkan berita terkini Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here